Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Langgeng, Pandang Suami Sebagai Sosok Ideal

Kompas.com - 07/03/2011, 16:47 WIB

KOMPAS.com - Kata-kata yang beredar tentang cinta mengungkap, cinta itu buta. Tetapi, bagi orang yang sudah menikah, bisa jadi itu adalah hal yang bagus, karena bisa membantu mempertahankan pernikahan. Menurut sebuah studi, pasangan suami istri yang mengidealkan pasangannya saat menikah dan selalu melihat kualitas tersebut dalam diri pasangannya memiliki kemungkinan untuk mempertahankan kebahagiaan pernikahannya setidaknya hingga 3 tahun ke depan.

Studi yang dipublikasikan dalam Psychological Science ini mengikutsertakan sekitar 193 pasangan baru menikah. Kebanyakan partisipan berusia pertengahan hingga akhir 20an. Para partisipan diminta mengisi lembaran survei di awal pernikahan dan kembali mengisi setiap 6 bulan hingga usia pernikahan mereka mencapai 3 tahun.

Survei tersebut meminta mereka menggambarkan diri sendiri dan pasangannya, merating karakteristik positif (baik, lucu, pengertian, atau hangat) beserta kelemahan diri (malas, kritis, moody, sulit diajak bicara, atau kekanak-kanakan). Kemudian diminta untuk merating pasangan idealnya dalam skala yang sama. Para pasangan ini kemudian mengisi beberapa survei lain yang mengukur kepuasan, kepercayaan diri, depresi, temperamen, dan kedekatan.

Dilaporkan oleh para peneliti, penilaian diri berdasarkan kenyataan. Cara kita menilai diri sendiri umumnya cukup akurat. Sementara cara kita menilai orang lain, menurut para peneliti, umumnya berdasarkan harapan. Berbekal hal tersebut, peneliti mencoba melihat penilaian dari masing-masing pasangan.

Contoh, pasangan ideal dari pria A adalah seseorang yang lucu dan hangat, dan ia akan memilih melihat istrinya yang baru ia nikahi, B, seperti itu, meski B menilai dirinya moody dan tidak hangat. Namun, para peneliti melihat, jika sebuah pasangan saling melihat satu sama lain dalam keadaan yang "ideal", pernikahan tersebut memiliki kemungkinan hubungan langgeng ketimbang pasangan yang tidak menilai pasangannya ideal. Mereka yang menilai pasangannya ideal sejak awal pernikahan memiliki hubungan pernikahan yang lebih bahagia dan memuaskan.

Menurut salah seorang peneliti, Sandra Murray, PhD, profesor psikologi di University of Buffalo, manusia bisa mengubah definisi untuk menyamakan apa yang dirinya ingin lihat terhadap dirinya sendiri atau bagaimana cara dirinya melihat orang lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com