Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Misi Rahasia X-37B Kembali Diluncurkan

Kompas.com - 07/03/2011, 15:46 WIB

KOMPAS.com — Militer Amerika Serikat meluncurkan misi berikutnya untuk program X-37B. Tujuan misi ini tidak diungkapkan AS.

Pesawat antariksa tanpa awak X-37B diluncurkan pada Jumat (4/3/2011) sore waktu AS. Angkatan Udara mengatakan bahwa misi pertama merupakan suatu kesuksesan. Mereka mengaku terlalu menghabiskan waktu untuk mengatur keberangkatan misi kedua yang melibatkan orbit berbeda.

Pesawat X-37B yang pertama, Orbital Test Vehicle 1 (OTV-1), diluncurkan pada 22 April 2010. X-37B didesain untuk meluncur dan mengorbit selama beberapa bulan dengan tenaga surya sebagai bahan bakar.

Kali ini, pesawat yang digunakan adalah OTV-2. Misi OTV-2 adalah sebuah rahasia, tapi Angkatan Udara mengatakan, mereka harus membantu para peneliti untuk mendemonstrasikan teknologi terbaru mereka, seperti petunjuk, sistem navigasi, dan material baru yang digunakan.

Beberapa pengamat ruang angkasa berpendapat bahwa X-37B merupakan alat mata-mata. Tak lama setelah OTV-1 diluncurkan, astronom amatir melihat X-37B di koordinat 40 derajat Lintang Utara dan 40 derajat Lintang Selatan. Koordinat ini merupakan titik letak negara konflik, seperti Irak, Iran, Afganistan, Pakistan, dan Korea Utara. OTV-2 berjarak sekitar 255 mil dari permukaan bumi dan mengorbit setiap 90 menit sekali.(National Geographic Indonesia/Arief Sujatmoko)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com