Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intervensi Militer Memperunyam Libya

Kompas.com - 07/03/2011, 09:04 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Segala bentuk intervensi militer negara lain di Libya dapat memperburuk kegentingan situasi di negara tersebut. Pernyataan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Prancis Alain Juppe saat berkunjung ke Mesir kemarin.

"Perancis, seperti halnya negara sahabat lainnya, tidak menyetujui bentuk intervensi militer Barat di Libya, yang tentu saja akan berdampak buruk," kata Juppe dalam jumpa pers di Kairo.

"Mengingat kemungkinan terjadinya pertempuran yang semakin berdarah, kita harus bersiap untuk bereaksi terhadap hal itu, maka dari itu kita harus merencanakan sebuah zona larangan terbang di Libya," kata Juppe.

Namun ia menegaskan semua langkah tersebut harus didasari oleh mandat dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa dan melibatkan partisipasi dari Liga Arab dan Uni Afrika.

Sebelumnya ketika berbicara kepada warga Prancis yang berada di Mesir, Juppe mengatakan Eropa dan Prancis tidak akan membiarkan "pembodohan kriminal" yang dilakukan Muammar Khadafi dalam mengatasi pergolakan politik di Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com