Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Evakuasi 36.000 WN dari Libya

Kompas.com - 05/03/2011, 21:47 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Pemerintah China, Sabtu (5/3/2011), mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan proses evakuasi warga negaranya dari Libya, menyusul sebuah operasi luar negeri terbesar yang pernah dilakukan Beijing.

Dua penerbangan carter pada Sabtu membawa 778 orang dari negara Afrika Utara itu, tempat pergolakan politik antirezim Moammar Khadafy terjadi, menurut sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri China.

"Satuan tugas pemerintah di Libya telah berhasil menyelesaikan pengungsian warga China dari Libya," tulis pernyataan itu dalam laman kementerian.

Beijing akan terus mengirimkan pesawat militer dan sewaan guna memulangkan warga China dari negara lain di kawasan itu, kata kementerian, seraya menambahkan bahwa mereka mengharapkan semua warga akan berada di China dalam beberapa hari ke depan.

Pada Rabu, Wakil Menteri Luar Negeri Song Tao mengatakan, sedikitnya 36.000 warga China telah diungsikan dari Libya dan hampir 21.000 di antaranya telah pulang ke China. China memiliki 847.000 pekerja yang tersebar di seluruh dunia pada akhir 2010—lebih banyak 69.000 orang dari tahun sebelumnya—dengan sekitar 30 persennya bekerja di industri konstruksi, menurut perhitungan resmi.

Sebagian besar warga negara China di Libya bekerja di sektor kereta api, perminyakan, dan telekomunikasi, menurut media pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com