Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WNI Kembali ke Mesir

Kompas.com - 05/03/2011, 11:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Satgas Penanganan Warga Negara Indonesia di Mesir dan Libya, Hasan Wirajuda, mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia mulai menerbangkan kembali warga Indonesia yang pernah dievakuasi dari Mesir ke Tanah Air ketika negara di Afrika utara itu bergejolak.

Sebanyak 20 warga negara Indonesia (WNI) dan dua bayi diterbangkan ke Kairo sebagai tahap awal dengan pesawat Garuda Indonesia, Jumat (4/3/2011) sore. Mereka bertolak ke Kairo dari Terminal 2F Bandara Soekarno-Hatta.

"Pemberangkatan ini merupakan tahap pertama proses pengembalian WNI ke Mesir. Proses pengembalian WNI ke Mesir akan dilanjutkan secara bertahap setiap harinya," kata Hasan yang juga anggota Dewan Pertimbangan Presiden kepada para wartawan, Sabtu (5/3/2011).

Ketika situasi memanas, Pemerintah Indonesia setidaknya mengevakuasi 2.432 WNI. Terkait penggunaan pesawat komersial, Hasan mengatakan bahwa hal itu dilakukan demi efisiensi anggaran.

Saat ini sebagian besar mahasiswa Indonesia telah mendaftar ke Kementerian Pendidikan Nasional untuk dikembalikan ke Mesir. Ujian di sebagian besar universitas di Mesir akan berlangsung pada awal Mei mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com