Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengkhianat Itu Bernama Ben Ali

Kompas.com - 05/03/2011, 01:25 WIB

TUNIS, KOMPAS.com - Perdana Menteri baru Tunisia  Beji Caid Essebsi, dalam penampilan pertamanya di depan publik pada Jumat (4/3/2011), menuduh presiden terguling Zine El Abidine Ben Ali sebagai pengkhianat. "Tanpa keraguan saya menyebut mantan presiden telah bersalah atas pengkhianatan terhadap negara karena meninggalkan tanggung jawabnya dalam menjamin keamanan dan stabilitas, serta meninggalkan negara ini selagi menjabat pemimpin tertinggi angkatan bersenjata," kata Caid Essebsi dalam sebuah jumpa pers.    

Ben Ali meninggalkan tanah airnya menuju Arab Saudi pada 14 Januari 2011, setelah satu bulan pergolakan politik populer menentang pemerintahannya, yang dimulai sejak 1987.    

Caid Essebsi, yang baru bertugas pada Minggu lalu, menekankan bahwa pengkhianatan terhadap negara itu layak untuk diganjar hukuman mati. Ia juga mengatakan akan mengumumkan sebuah pemerintah baru dalam dua hari ke depan, guna memulai kembali siklus ekonomi tanpa penundaan, karena Tunisia tengah berada di tepi jurang. "Prioritas kita saat ini adalah untuk membangun kembali otoritas negara, yang telah menurun hingga batas paling rendah, sehingga berarti pemulihan keamanan bagi seluruh warga negara, wilayah, serta institusi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com