Pengkhianat Itu Bernama Ben Ali

Kompas.com - 05/03/2011, 01:25 WIB
EditorJosephus Primus

TUNIS, KOMPAS.com - Perdana Menteri baru Tunisia  Beji Caid Essebsi, dalam penampilan pertamanya di depan publik pada Jumat (4/3/2011), menuduh presiden terguling Zine El Abidine Ben Ali sebagai pengkhianat. "Tanpa keraguan saya menyebut mantan presiden telah bersalah atas pengkhianatan terhadap negara karena meninggalkan tanggung jawabnya dalam menjamin keamanan dan stabilitas, serta meninggalkan negara ini selagi menjabat pemimpin tertinggi angkatan bersenjata," kata Caid Essebsi dalam sebuah jumpa pers.    

Ben Ali meninggalkan tanah airnya menuju Arab Saudi pada 14 Januari 2011, setelah satu bulan pergolakan politik populer menentang pemerintahannya, yang dimulai sejak 1987.    

Caid Essebsi, yang baru bertugas pada Minggu lalu, menekankan bahwa pengkhianatan terhadap negara itu layak untuk diganjar hukuman mati. Ia juga mengatakan akan mengumumkan sebuah pemerintah baru dalam dua hari ke depan, guna memulai kembali siklus ekonomi tanpa penundaan, karena Tunisia tengah berada di tepi jurang. "Prioritas kita saat ini adalah untuk membangun kembali otoritas negara, yang telah menurun hingga batas paling rendah, sehingga berarti pemulihan keamanan bagi seluruh warga negara, wilayah, serta institusi," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.