Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moammar Khadafy Minta Suaka ke Nikaragua

Kompas.com - 04/03/2011, 18:13 WIB

MEKSIKO, KOMPAS.com — Laporan yang menyebutkan bahwa aksi protes Libya telah memaksa Moammar Khadafy mencari suaka di negara sekutunya Nikaragua tidak benar.

"Laporan media yang mengatakan Khadafy diduga mengajukan suaka politik di Nikaragua adalah tidak benar dan merupakan bagian dari kampanye untuk menurunkan popularitas pemimpin Libya itu serta merupakan pembenaran untuk dilakukannya agresi militer terhadap negara tersebut," kata Jacinto Suarez Espinoza, yang mewakili Nikaragua dalam perhimpunan Parlemen Amerika Tengah.

Ia mengatakan, Khadafy tidak memiliki rencana untuk mengajukan suaka di Venezuela ataupun Nikaragua meskipun para pemimpin kedua negara tersebut menyatakan dukungannya terhadap Pemerintah Libya.

"Pemimpin revolusi Libya akan bertahan di tanah airnya hingga akhir, dan mengikuti jejak Saddam Hussein dan anaknya, yang gugur saat AS menginvasi Irak," kata Espinoza.

Pergolakan politik di Libya dimulai pada 15 Februari, menyusul penggulingan rezim otoriter di Tunisia dan Mesir. Rakyat Libya menuntut agar rezim 42 tahun Khadafy segera diakhiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com