Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Marinir Belanda Ditahan di Libya

Kompas.com - 04/03/2011, 07:09 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com  - Tiga marinir Belanda telah ditahan di Libya setelah mereka ditangkap oleh pasukan yang setia pada pemimpin negara itu, Muamar Gaddafi, ketika berusaha untuk menolong dua warga Eropa, kata seorang jurubicara Kementerian Pertahanan Belanda, Kamis.

Marinir-marinir itu ditangkap pada Ahad (27/2) oleh sejumlah pria bersenjata setelah mereka mendarat di Sirte dengan sebuah helikopter dari kapal angkatan laut Belanda yang ditempatkan di lepas pantai Libya untuk membantu evakuasi orang-orang yang ingin keluar dari negara Afrika utara itu.

Badan siaran umum Belanda NOS, Kamis (3/3), memperlihatkan gambar ketiga marinir itu, yang telah disiarkan oleh televisi negara Libya, yang mengatakan ketiga orang itu telah masuk wilayah udara Libya "dalam pelanggaran hukum internasional".

Gambar itu memperlihatkan citra buram helikopter, senjata dan marinir-marinir tersebut. Jurubicara Kementerian Pertahanan Otte Beekema sebelumnya mengatakan pemerintah Belanda "sedang dalam perundingan diplomatik intensif" dengan pemerintah Gaddafi untuk menjamin pembebasan ketiga marinir itu. Ia belum bisa dimintai komentar mengenai gambar tersebut.

"Sangat penting bahwa tentara-tentara itu akan pulang dengan sehat. Itu berarti pada waktu yang sama bahwa apa saja yang dikatakan mengenai hal itu perlu dikekang," ujar Perdana Menteri Mark Rutt sebelumnya kepada media Belanda. Rutt menambahkan bahwa pemerintah telah melaksanakan misi evakuasi itu.

Kedua warga Eropa yang marinir-marinir itu usahakan untuk ditolong, termasuk satu warga Belanda, telah diserahkan ke kedutaan besar Belanda di Tripoli dan telah meninggalkan negara itu.

Beekema mengatakan tentara-tentara Belanda itu tidak minta izin untuk memasuki wilayah udara Libya, tapi menambahkan warga warga yang ditolong itu mengkhawatirkan situasi keamanan yang memburuk di Sirte, yang terletak 450 kilometer di timur Tripoli.

Identitas marinir-marinir itu tidak diungkapkan oleh pemerintah Belanda. Selain Belanda, sejumlah negara Eropa lainnya termasuk Inggris dan Prancis juga telah mengirim kapal untuk membantu evakuasi massa pengungsi dari Libya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com