Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Tuntut Korsel Kembalikan 31 Warga

Kompas.com - 04/03/2011, 05:44 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com - Republik Demokrasi Rakyat Korea (Korea Utara) pada Kamis (3/3/2011) mendesak Korea Selatan mengembalikan 31 awak dan kapal laut yang ditahan oleh Korsel.

Kantor berita resmi, KCNA, mengabarkan, Palang Merah Korut mengatakan, sebanyak 31 awak kapal asal Korut yang tersasar ketika melaut untuk mencari kerang pada 5 Februari karena kabut tebal telah ditahan oleh petugas Korsel selama hampir satu bulan.

Setelah itu pemerintah Korut telah meminta Korsel untuk memulangkan mereka kembali. Seoul dilaporkan telah mengirimkan pemberitahuan kepada Pyongyang bahwa para awak akan dipulangkan pada 4 Maret, kecuali empat orang yang tidak ingin kembali ke Korut.

Juru bicara mengatakan, keempat orang tersebut dipaksa untuk menetap karena ancaman dari pemerintah Korsel yang mencoba menjadikan mereka sandera sebagai satu rencana anti Korut.

Tindakan tersebut dinilai "keji" dan melanggar ketentuan internasional serta nilai-nilai kemanusiaan, kata juru bicara. Juru bicara itu meminta Korsel untuk segera mengembalikan para awak kapal dan perahunya kembali ke Korut tanpa syarat.

Dia mengatakan, insiden itu tidak hanya merupakan masalah Hak Asasi Manusia dan nilai-nilai kemanusiaan tetapi juga masalah yang berkaitan dengan hubungan antara Korsel dan Korut. Korut akan menilai kembali posisi pemerintah Seoul atas tindakannya dalam insiden tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com