Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Warga Korut Tak Ingin Pulang

Kompas.com - 03/03/2011, 17:45 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Empat dari 31 warga Korea Utara yang kapalnya melintas masuk ke perairan Korea Selatan bulan lalu tidak ingin dikirim kembali ke tempat asalnya, kata kementerian unifikasi Seoul pada Kamis (3/3/2011).    

Korut meminta pengembalian kelompok yang saat kapal mereka melintas memicu ketegangan di perbatasan Laut Kuning yang sedang berkabut tebal pada 5 Februari.    

Juru bicara kementerian tersebut Lee Jong-Joo mengatakan Korsel sudah memberitahukan Korut pada Kamis bahwa keempat warganya meminta untuk tetap tinggal di Korsel. Pesan itu juga mengatakan 27 orang lainnya akan dikembalikan pada Jumat. Lee mengatakan belum ada balasan yang diterimanya dari Korut.    

Sebelumnya ada berita yang simpang siur mengenai nasib 31 orang itu yang saat diwawancarai oleh pejabat intelijen Korsel mengatakan bahwa mereka ingin tinggal di Korsel. Korsel biasanya mengembalikan warga Korut yang melintasi perbatasan tanpa sengaja dan mengungkapkan keinginan untuk kembali ke tempat asalnya.    

Insiden tersebut terjadi di tengah berlanjutnya ketegangan perbatasan karena rencana Amerika Serikat dan Korsel untuk melakukan latihan militer bersama.

 
 
 
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com