Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libya Bebaskan "Si Pengirim SMS"

Kompas.com - 02/03/2011, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Libya akhirnya membebaskan seorang warga Australia dari penjara Tripoli. Sosok yang tak disebutkan namanya itu dikenal sebagai "Si Pengirim SMS". Pasalnya, sebagaimana warta ABC pada Rabu (2/3/2011), pria tersebut dicokok pihak berwajib lantaran dirinya mengirimkan layanan pesan singkat (SMS) yang menceritakan unjuk rasa antipemerintahan Moammar Khadafy. Memang, hingga kini, unjuk rasa mengarah ke perang saudara tengah berkecamuk di Libya.

Australia, sebagaimana ungkapan Perdana Menteri Julia Gillard memang berterima kasih kepada pihak Turki. Soalnya, pihak Turki yang paling berperan dalam upaya penyelamatan warga Australia itu. Sosok yang ditangkap di sebuah hotel di Tripoli pada 21 Februari lalu itu sudah diterbangkan dengan pesawat militer ke Turki.

Sebelumnya, satu orang Australia juga ditangkap di Libya pada Desember tahun lalu. "Tapi ia sudah dibebaskan seminggu silam," kata suara Departemen Luar Negeri Australia.
Sampai sekarang, lebih dari 100 warga Australia sudah diterbangkan dari Libya menyusul aksi kekerasan yang marak terkait upaya menjatuhkan Moammar Khadafy itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com