Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia-Serbia Tingkatkan Kerja Sama

Kompas.com - 01/03/2011, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Indonesia dan Serbia sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan politik pada masa depan setelah menteri luar negeri kedua negara bertemu di Jakarta, 26-28 Februari 2011.

Selama dua hari itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Serbia Vuk Jeremic dan Menlu Indonesia Marty M Natalegawa membahas dan menyepakati untuk mengintensifkan upaya-upaya peningkatan hubungan perdagangan. Siaran pers Kementerian Luar Negeri yang diterima Kompas.com pada Selasa (1/3/2011) menyatakan, kedua pihak menyadari bahwa masih banyak peluang yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh kedua negara.

Volume perdagangan tertinggi antara Indonesia dan Serbia tercatat sebesar 6,1 juta dollar AS pada tahun 2008, tetapi kemudian menurun menjadi 4,5 juta dollar AS tahun 2009. Pada Januari-November 2010, total perdagangan turun menjadi hanya 1,6 juta dollar AS atau minus 62,5 persen dibandingkan dengan periode sama tahun 2009.  Dalam kinerja perdagangan tersebut, Indonesia mengalami surplus tiap tahun sebesar 5,9 juta dollar AS tahun 2008, 0,2 juta dollar AS tahun 2009, dan 0,9 juta dollar AS pada Januari-November 2010.

Kedua pihak juga telah saling bertukar pandangan mengenai berbagai isu regional dan multilateral. Indonesia mencatat bahwa kerja sama bidang pendidikan menunjukkan hal yang menggembirakan. Sebagai implementasi penandatanganan nota kesepahaman (MOU) kerja sama pendidikan dan pelatihan diplomat kedua negara tahun 2003, Indonesia telah mengundang diplomat Serbia untuk mengikuti pelatihan diplomat madya selama satu bulan dan pelatihan bahasa Indonesia untuk diplomat asing pada tahun 2010.

Salah satu peluang kerja sama yang dilaksanakan oleh kedua negara dalam waktu dekat adalah penyelenggaraan interfaith dialogue pada 4-6 April 2011 di Beograd, Serbia. Dialog ini merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menlu Indonesia dan Menlu Serbia dalam kesempatan Non-aligned Movement Ministerial Meeting Focus on Interfaith Dialogue and Cooperation for Peace di Manila, Filipina, Maret 2010.

Hubungan bilateral Indonesia dan Serbia berjalan baik dan bernilai sejarah mengingat kedua negara merupakan pendiri Gerakan Non Blok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com