Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Rumah Tertimbun Longsor

Kompas.com - 01/03/2011, 04:13 WIB

La Paz, Senin - Hujan lebat menyebabkan sebuah bukit longsor dan menimbun sebuah kawasan miskin di La Paz, ibu kota Bolivia, Minggu (27/2). Longsor itu meretakkan jalan-jalan, menghancurkan sedikitnya 400 rumah, dan mengubur harta benda warga di bawah lumpur dan puing-puing.

Sejauh ini tidak tercatat ada korban jiwa. Namun, Wali Kota La Paz Luis Revilla mengatakan, kerusakan fisik yang disebabkan longsor di kawasan Callapa itu cukup signifikan.

Edwin Herrera, juru bicara pemerintah kota La Paz, menyebutkan, longsor tepat pada akhir pekan itu merupakan bencana alam terburuk yang pernah dialami La Paz. Herrera menambahkan, tanah masih terus longsor menuruni bukit.

”Sejauh ini kita berbicara mengenai 5.000 (orang) yang terkena dampaknya. Namun, longsor itu juga memengaruhi kawasan-kawasan di daerah yang lebih rendah,” katanya.

Herrera mengatakan, sekitar 400 rumah yang tersapu longsor itu berada di kawasan seluas 80 sampai 100 hektar.

Terhindar

Korban jiwa terhindarkan karena warga mulai mengevakuasi diri pada Sabtu malam. Warga bergegas mengungsi ketika bukit yang tidak lagi bisa menyerap air karena hujan berkepanjangan itu mulai longsor. Retakan muncul di jalan dan dinding rumah warga.

”Tetangga-tetangga saya berlarian kebingungan dan menyuruh saya keluar,” kata Maria Elena Siles, ibu dari tiga remaja. ”Saya melihat ke luar jendela dan tidak ada lagi rumah di kiri atau kanan rumah saya.”

Siles berhasil menyelamatkan diri sebelum akhirnya bukit itu runtuh pada Minggu pagi.

Menjelang siang, di tengah gerimis, sebagian warga berusaha menyelamatkan perabot rumah tangga dan harta benda lainnya. Namun, longsoran terus terjadi menyapu lebih banyak rumah dan polisi menutup daerah itu karena dianggap terlalu berbahaya.

Sementara itu, petugas dengan peralatan berat mencoba mencegah longsor tanah menutupi aliran sungai di bawahnya.

Menteri Pertahanan Bolivia Ruben Saavedra mengatakan, tentara dimobilisasi untuk membantu upaya evakuasi dan pemulihan.

Longsor merupakan hal biasa di La Paz, yang terletak sekitar 3.640 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi bukit-bukit yang tertutup oleh permukiman kumuh. (AP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com