Turki Sudah Ungsikan Semua Warganya

Kompas.com - 28/02/2011, 18:28 WIB
EditorJosephus Primus

ANKARA, KOMPAS.com — Kapal perang Turki yang membawa lebih dari 1.500 pengungsi dari Libya, tiba di pelabuhan Turki barat daya, Marmaris, pada Senin (28/2/2011), kata laporan kantor berita Anatolia. Lebih dari 400 penumpang kapal tersebut orang asing, sebagian besar warga Vietnam dan yang lain berasal dari Bosnia-Herzegovina, Makedonia, dan sejumlah negara lain, kata laporan itu.    

Kapal lain tiba di Marmaris pada Minggu dengan membawa lebih dari 200 pengungsi asal kota Benghazi, Libya. Pada Senin, dua pesawat militer Turki, yang membawa lebih dari 200 orang dari Tripoli kembali ke Bandar Udara Dalaman di Turki barat daya.    

Dua warga Turki tewas selama pergolakan politik di Libya, kata kantor berita itu, tetapi jenazahnya telah dipulangkan ke Turki dengan pesawat pada Minggu. "Turki telah mengungsikan sekitar 18.000 orang dari Libya dan 600 di antaranya warga asing," kata Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu kepada wartawan pada Senin.    

"Tidak ada lagi warga Turki menunggu diungsikan dari bandar udara Tripoli dan pelabuhan Benghazi," katanya menambahkan.    

Sekitar 25.000-30.000 warga Turki bekerja atau tinggal di Libya sebelum kerusuhan akibat unjuk rasa panjang menentang pemimpin Moammar Khadafy di negara Afrika Utara itu. Lebih dari 200 perusahaan asal Turki beroperasi dengan total proyek senilai 15 miliar dollar AS di Libya, sebagian besar proyek konstruksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.