Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tank Israel Tembak Mati Warga Palestina

Kompas.com - 28/02/2011, 05:34 WIB

GAZA, KOMPAS.com — Seorang warga Palestina tewas ketika tank Israel melepaskan tembakan ke arah sekelompok pejuang di sebelah timur Kota Gaza, Minggu (27/2/2011).

Sejumlah saksi mengatakan, tank di sisi perbatasan Israel menembaki kelompok itu dan menewaskan seorang dari mereka, di tengah meningkatnya ketegangan setelah serangan mortir dan roket ke Israel dan serangan udara Israel ke Gaza.

Sebuah roket dan mortir ditembakkan dari Jalur Gaza ke Israel selatan pada Minggu pagi, namun tidak ada korban atau kerusakan, kata seorang juru bicara militer.

Serangan-serangan itu dilakukan setelah rangkaian gempuran udara Israel yang ditujukan pada kamp pelatihan pejuang di wilayah kantong Palestina tersebut pada Sabtu malam.

Satu serangan melukai empat orang, termasuk seorang anak, kata beberapa pejabat Palestina dan petugas medis.

Juru bicara kepolisian, Micky Rosenfeld, mengatakan, tingkat siaga dinaikkan sebagai tanggapan atas penembakan roket baru dan keadaan kawasan yang tidak stabil.

Israel meluncurkan perang 22 hari di Jalur Gaza dua tahun lalu dengan tujuan menghentikan serangan-serangan roket dan mortir yang hampir setiap hari ke negara Yahudi tersebut.

Jumlah serangan dari wilayah kantong Palestina itu mengalami penurunan dramatis sejak perang itu, meski sepanjang tahun 2010 hampir 200 roket ditembakkan ke Israel, kata militer.

Jalur Gaza, kawasan pesisir yang padat penduduk, diblokade oleh Israel dan Mesir setelah Hamas berkuasa hampir tiga tahun lalu.

Israel menggempur habis-habisan Jalur Gaza hampir dua tahun lalu dengan dalih untuk menghentikan penembakan roket yang hampir setiap hari ke wilayah negara Yahudi tersebut.

Perang di  sekitar Gaza meletus lagi setelah gencatan senjata enam bulan berakhir pada 19 Desember 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com