Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benghazi Proklamasikan Pemerintah Baru

Kompas.com - 27/02/2011, 07:15 WIB

BENGHAZI, KOMPAS.com - Bekas Menteri Kehakiman Libya, Mustafa Abdel Jalil, Sabtu (26/2/2011) malam, memproklamasikan terbentuknya pemerintahan baru yang akan menyiapkan pemilihan umum selama tiga bulan.

"Pemerintahan nasional kami memiliki tokoh-tokoh militer dan sipil. Pemerintah itu akan memimpin selama tidak lebih dari tiga bulan, dan kemudian akan ada pemilihan yang adil dan rakyat akan memilih pemimpin mereka," kata Mustafa Abdel Jalil kepada televisi Al Jazeera dalam wawancara langsung dari Al-Baida di timur Benghazi.

Benghazi terletak 1.000 Km di timur ibukota Tripoli, dan menjadi basis pemberontakan anti-pemerintah serta memicu banyak kota di Libya timur melepaskan diri dari rezim Muamar Gaddafi.

Abdel Hafiz Ghoga, juru bicara penyelenggara di Benghazi, mengumumkan pembentukan dewan kota di sana, yang dapat mengirim wakil ke kota-kota lain untuk berkoordinasi dengan organisasi yang sama.

Ia menyatakan setiap koordinator dewan pada akhirnya akan menjadi anggota pemerintah sementara. Belum ada hirarki pusat di bagian-bagian timur Libya yang telah membebaskan dirinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com