Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Pun di Jalanan Ditembak, 2 Tewas

Kompas.com - 26/02/2011, 00:25 WIB

BENGHAZI, KOMPAS.com — Pasukan yang setia kepada Presiden Libya Moammar Khadafy menembaki para pengunjuk rasa di beberapa wilayah ibu kota Tripoli, Jumat (25/2/2011).

"Pasukan keamanan menembak tanpa pandang bulu kepada para demonstran," kata seorang penduduk yang juga menyaksikan bentrok antara demonstran dan loyalis Khadafy. "Banyak yang mati di Sug al-Jomaa."

Penduduk di daerah timur lainnya, termasuk Ben Ashur dan Fashlum, serta distrik Ghut Ashaal, mengatakan, mereka juga menyaksikan penembakan terhadap siapa pun yang berada di jalanan. Seorang penduduk di Fashlum bersaksi, dua orang tewas di sana.

"Mereka menembak warga sipil tak bersenjata yang pergi setelah doa," kata seorang warga Ben Ashur. Selain itu, saksi lain juga mengatakan ada penembakan di Siyahia dan Janzour.

Personel keamanan pro-Khadafy dikerahkan di sekitar masjid untuk mencegah demonstrasi setelah shalat Jumat. Menurut sejumlah jemaah, para imam dalam khotbah Jumat yang teksnya ditentukan oleh pejabat, menyerukan agar warga "kembali ke stabilitas" serta mengakhiri "hasutan" dan "tindakan sabotase."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com