Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penampungan Sementara, Kedubes RI di Tunis

Kompas.com - 25/02/2011, 20:52 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Duta Besar RI untuk Tunisia, Muhammad Ibnu Said, mengatakan bahwa warga Indonesia yang dievakuasi dari Tripoli, Libya, akan ditampung di KBRI Tunis dan beberapa tempat lain. "Sebanyak 257 WNI dari Libya akan ditampung sementara di KBRI, Wisma Duta, rumah-rumah staf KBRI, dan sebagian lain di penginapan," kata Ibnu yang dihubungi dari Kairo, Jumat (25/2/2011).    

Saat ditelepon, Ibnu sedang menunggu WNI yang tengah dalam perjalanan dengan pesawat Tunisia Air dari ibu kota Libya, Tripoli.    

Tunis merupakan persinggahan sementara bagi WNI tersebut dan KBRI akan mengusahakan tiket pesawat untuk memberangkatkan mereka lewat penerbangan komersial ke Jakarta. "KBRI baru mendapatkan 201 tiket yang dipesan oleh PT Wijaya Karya dan lainnya diusahakan," kata Ibnu.    

Jumlah tenaga kerja Indonesia yang direkrut oleh PT Wijaya Karya sekitar 500 orang untuk pembangunan jalan raya dan jembatan di Libya dalam beberapa tahun terakhir. Ini merupakan jumlah terbanyak dari total 850 WNI di Libya.   

Ditanya apakah akan ada pengiriman pesawat Garuda dari Jakarta, Dubes Ibnu mengatakan, sejauh ini KBRI Tunisia belum mendapatkan informasi mengenai hal itu. Evakuasi WNI ke Tunis itu dilakukan akibat dampak dari aksi kekerasan politik di Libya yang menewaskan ratusan orang dalam dua pekan terakhir.   

Sementara itu, WNI di Tunisia telah dievakuasi ke Indonesia pada Januari lalu menyusul krisis politik di negara itu, yang berujung pada pengunduran diri Presiden Zine Al Abidine Ben Ali pada 14 Januari lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com