Korea Utara Cemas

Kompas.com - 25/02/2011, 03:24 WIB
Editor

SEOUL, KAMIS - Sejumlah kalangan meyakini pemerintah komunis Korea Utara mulai resah dan cemas dengan perkembangan situasi di Timur Tengah dan Afrika Utara belakangan ini. Mereka takut aksi rakyat menumbangkan pemimpin rezim otoriter bisa ”menular” ke rakyat Korut.

Sejumlah langkah antisipasi keras langsung diambil pemerintah komunis pimpinan Kim Jong Il, seperti mengontrol dan memblokade arus informasi dari luar negeri. Tidak hanya itu, pemerintahan Kim Jong Il juga mulai menyiapkan pasukan antihuru-hara untuk mengantisipasi munculnya gerakan rakyat.

Saat ini pasukan itu diyakini mulai bekerja dan melacak sekecil apa pun petunjuk yang bisa mengarahkan rakyat Korut untuk melakukan perlawanan.

Sejumlah aksi perlawanan sporadis pada masa lalu dilaporkan pernah terjadi di negeri itu. Kemarahan terutama dipicu kelaparan dan kelangkaan bahan makanan akibat kebijakan salah urus oleh rezim Kim Jong Il.

Namun, sejumlah kalangan tetap meragukan dan pesimistis perlawanan rakyat seperti di Mesir dan Tunisia juga bakal terjadi di Korut.

Pesimisme ini juga dilontarkan Menteri Unifikasi Korsel Hyun In-taek, yang mengaku tidak terlalu yakin rakyat Korut bakal terinspirasi dan bertindak sama seperti rakyat di Mesir dan Tunisia.

”Malah saya yakin rakyat Korut sebetulnya belum tahu bahwa di beberapa negara di Timur Tengah gerakan rakyat berhasil menumbangkan pemimpin mereka yang otoriter dan zalim,” ujar Hyun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Informasi

Hal seperti itu, menurut Hyun, sangat mungkin terjadi lantaran rakyat Korut sama sekali tidak pernah mendapat ”pasokan” informasi yang cukup. Tidak pernah sekali pun stasiun televisi pemerintah menayangkan gejolak yang terjadi di negara-negara di kawasan Timur Tengah.

Pembatasan akses internet yang teramat ketat juga membuat tidak banyak rakyat Korut yang mampu mengakses dan menikmati saluran komunikasi dan informasi itu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.