Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Siap Bantu Lengserkan Khadafy

Kompas.com - 24/02/2011, 14:37 WIB
NIKOSIA, KOMPAS.com — Al Qaeda cabang Afrika Utara telah berikrar akan melakukan segala upaya untuk membantu pemberontakan terhadap orang kuat Libya, Moammar Khadafy, menurut pernyataan yang disiarkan pada Kamis (24/2/2011) oleh kelompok pemantau SITE.

Menurut laporan bekas kepala protokol Moammar Khadafy, Nouri el-Mismari, pergolakan di Libya telah menyebabkan lebih dari 1.000 orang tewas, 600 di antara mereka di ibu kota Tripoli.    

Mismari, yang datang ke Perancis akhir tahun lalu karena alasan kesehatan, pada Rabu mengatakan, sejauh ini huru-hara tersebut telah menyebabkan "lebih dari 1.000 orang tewas, semuanya orang Libya", tapi tidak mengatakan informasinya itu berdasarkan kepada siapa.

Pada Selasa, Pemerintah Libya menyatakan 300 orang telah tewas dalam demonstrasi itu. Namun, Federasi Internasional untuk Hak Asasi Manusia (IFHR) pada Rabu menyebutkan, sedikitnya 640 orang tewas. "Itu sangat sangat serius. Libya tak mau berhenti" untuk mengakhiri pemerintahan 41 tahunnya, kata Mismari.

"Ini akhir Moammar Khadafy," ucap Mismari.   

Tak hanya itu, Mismari melanjutkan, Khadafy bahkan tidak mendapatkan dukungan 5 persen dari rakyat Libya. "Anggota-anggota marganya pun tidak berperang untuk dia, tetapi untuk mereka sendiri," kata Mouri el-Mismari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com