Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Ribu Syiah Melawan Rezim Sunni

Kompas.com - 23/02/2011, 01:26 WIB

MANAMA, KOMPAS.com — Ratusan ribu penganut Syiah turun ke jalanan di Manama, Bahrain, Selasa (22/2/2011), menuntut turun para penguasa pemerintah yang didominasi kaum Sunni.

Mereka berduyun-duyun menuju Pearl Square di pusat kota, menuntut reformasi politik. Dipimpin kelompok oposisi semacam Wefaq dan Waad, ini merupakan demonstrasi terbesar pertama yang terorganisasi dan diikuti kaum muda secara spontan yang mengikuti perkembangan melalui situs jejaring sosial.

Mereka bersama-sama melagukan seruan "Kami ingin pemerintah jatuh". Seorang demonstran, Abbas al-Fardan, mengatakan, "Sebagian ingin keluarga (penguasa) keluar, tetapi sebagian besar hanya ingin perdana menteri yang keluar. Kami ingin pemerintahan baru, rakyat harus memimpin negeri ini."

Mereka pada umumnya menghendaki sistem pemerintahan monarki konstitusional. Saat ini, rakyat Bahrain hanya bisa memilih anggota parlemen yang memiliki sedikit kekuasaan. Parlemen itu pula yang akhirnya jadi pelestari kekuasaan elite yang terpusat pada keluarga al-Khalifa.

Wangsa al-Kalifa memerintah selama 200 tahun. Keluarga itu mendominasi kabinet yang dipimpin Perdana Menteri Sheikh Khalifa bin Salman, paman raja, sejak merdeka dari Inggris tahun 1971.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com