Bumi Hangus! Khadafi Bombardir Tripoli

Kompas.com - 22/02/2011, 01:18 WIB
Editoryuli

LONDON, KOMPAS.com — Ancaman Saif al-Islam, anak Presiden Moammar Khadafi, untuk melawan demonstran habis-habisan ternyata terus dibuktikan. Kali ini, pesawat serbu Libya membombardir secara membabi-buta di ibu kota Tripoli, Senin (21/2/2011).

"Apa yang kami saksikan hari ini tak terbayangkan. Pesawat serbu dan helikopter mengebom secara membabi buta satu demi satu wilayah. Sangat banyak yang mati, sangat banyak," kata Adel Mohamed Saleh, aktivis politik, kepada televisi Al Jazeera.

"Rakyat kami mati. Ini kebijakan bumi hangus," katanya. "Setiap 20 menit mereka mengebom."

Ditanya soal kemungkinan serangan itu berlanjut, dia menyahut, "Ini akan terus berlanjut, terus berlanjut. Setiap orang yang bergerak, bahkan jika di dalam mobil, mereka (aparat Khadafi) akan menyerang."

Sejauh ini tidak ada verifikasi independen mengenai laporan itu. Namun, Fathi al-Warfali, aktivis Libya berbasis di Swiss, mengaku mendengar informasi serupa. Fathi memimpin lembaga bernama Komite Libya untuk Kebenaran dan Keadilan, dan ikut berdemonstrasi  di kantor PBB perwakilan Eropa di Jenewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.