Ketika Badai Revolusi Menjalar ke Maroko

Kompas.com - 21/02/2011, 03:20 WIB
Editoryuli

RABAT, KOMPAS.com - Badai revolusi terus meluas ke seantero Timur Tengah, termasuk sebagian Afrika. Satu demi satu rezim-rezim tua di sana digempur gerakan rakyat yang muak.

Rakyat Maroko pun terinspirasi keberhasilan rakyat Tunisia dan Mesir. Sekitar 3.000 sampai 4.000 orang Tunisia, Minggu (20/2/2011), turun ke jalan menuntut reformasi politik dan pembatasan kekuasaan Raja Mohammed VI.

Di jalanan ibukota Rabat, mereka berseru bahwa rakyat ingin perubahan, pemberantasan korupsi dan konstitusi yang demokratis. Di Casablanca, kota terbesar di negeri Afrika Utara itu, lebih dari 4.000 orang mengusung jargon, "kebebasan, martabat, keadilan."

Demonstrasi gelar serentak di berbagai kota, antara lain Marrakesh dan Tangier. "Gerakan 20 Februari" itu berhasil digalang berkat para pemuda Maroko berhimpun di laman Facebook.

Ini sama persis dengan kemanjuran "Revolusi Facebook" yang akhirnya menumbangkan penguasa-penguasa renta di Tunisia dan Mesir, juga menjalar ke Bahrain, Yaman  dan Aljazair.

Di Rabat, seorang guru berusia 52 tahun, Brahim Abu Dahal, berseru, "Perdana Menteri harus memiliki kekuasaan yang lebih luas dan akuntabel bagi rakyat." 

Para demonstran umumnya menghendaki agar Raja Mohammed VI tetap pada posisinya, tetapi tidak mengendalikan pemerintahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Marakesh, sekitar 150-200 orang menyerang dan menjarah toko-toko, termasuk restoran waralaba McDonalds. Insiden serupa terjadi di Larache. Sejumlahs aksi mengatakan, para pemuda menyerang kantor-kantor pemerintah, seperti kantor polisi.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.