Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Malah Tak Tahu Ada Pencurian Data

Kompas.com - 20/02/2011, 20:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa membantah telah terjadi pencurian data militer selama dirinya memimpin delegasi Indonesia di Seoul, Korea Selatan pada 15-17 Februari 2011. Selama di Seoul, Hatta menegaskan, sebagai Utusan Khusus Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan ketua delegasi, dirinya tidak sekali pun mendapatkan laporan tentang pencurian data dari salah satu kamar anggota delegasinya.

"Saya sama sekali tidak menerima laporan tentang pencurian itu. Saya juga sudah bertanya kepada Pak Purnomo (Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro), dan beliau menegaskan tidak ada pencurian itu. Hubungan Indonesia-Korea Selatan sangat baik," tegas Hatta saat dihubungi di Jakarta, Minggu (20/2/2011).

Menurut Hatta, selama kunjungan tiga harinya di Seoul dan menginap di Hotel Lotte, dirinya tidak melihat ada kejanggalan pada pengamanan di sana. Seluruh acara yang sudah dirancang berlangsung sesuai jadwal.

"Jadi aneh kalau diberitakan ada pencurian seperti itu, apalagi data militer. Semua pihak saya harap berhati-hati menanggapi berita seperti ini, sebab hubungan Korea Selatan dan Indonesia sedang sangat baik-baiknya," ungkapnya.

Sebelumnya, Kantor Berita Yonhap, Korea Selatan memberitakan, Hotel Lotte tempat Hatta dan anggota delegasinya menginap sempat kebobolan pencuri. Masalahnya menjadi besar karena diduga barang yang dicuri merupakan data-data super rahasia mengenai informasi kemiliteran milik Indonesia.

Mengutip keterangan resmi dari Seoul's Namdaemun Police Station, yang ditemui Yonhap Sabtu lalu, data yang dicuri merupakan file komputer berisi informasi rahasia Indonesia. Pelakunya diduga dua orang pria dan satu wanita berwajah khas Asia. Namun, polisi setempat tidak dapat memastikan dengan jelas wajah ketiganya karena jarak kamera pengintip di Hotel Lotte, tempat delegasi Indonesia menginap terlalu jauh, sehingga gambarnya buram.

Kepolisian setempat juga menyebutkan bahwa tempat kejadian adalah salah satu kamar yang diinapi delegasi Indonesia di lantai 19 Hotel Lotte. Tidak ada pernyataan tegas tentang hari dan waktu pencurian itu terjadi. Namun, Yonhap hanya menyatakan bahwa pencurian berlangsung sekitar Rabu (16/2/2011), pada saat rombongan yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menemui Presiden Korea Selatan, Lee Myun Bak.

Yonhap menegaskan bahwa penyebab peristiwa pencurian itu antara lain tidak ada penjagaan ketat dari aparat keamanan (tentara maupun polisi) untuk melindungi 50 anggota delegasi Indonesia di Hotel Lotte. Adapun aparat pengamanan dari Indonesia sendiri tengah terkonsentrasi pada acara pertemuan Hatta dan Myun Bak. Saat itulah diduga terjadi pencurian itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com