Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Akan Lakukan Uji Nuklir Kembali

Kompas.com - 20/02/2011, 18:58 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara menggali terowongan di satu lokasi di mana negara itu meluncurkan dua uji coba nuklir, diperkirakan siap melakukan peluncuran ketiga, demikian dilaporkan kantor berita Yonhap, Minggu (20/2/2011), satu perkembangan yang akan menimbulkan kekhawatiran di kawasan itu.

Ketegangan meningkat di semenanjung yang terbagi dua itu ketika 46 pelaut Korea Selatan (Korsel) tewas dalam serangan terhadap sebuah kapal perang Seoul Maret tahun lalu.

Korea Utara (Korut), yang menolak bertanggung jawab, menembaki pulau Yeonpyeong, Korsel November menewaskan empat orang dan memicu kekhawatiran kemungkinan timbul perang besar-besaran.

Korut menggali beberapa terowongan sebelum memastikan tempat yang paling cocok bagi uji coba itu, kata Yonhap mengutip satu sumber pemerintah Korsel.

"Para pejabat Intelijen Korsel dan Amerika Serikat melihat Korut membangun beberapa lokasi bawah tanah di Punggye-ri tempat negara itu melakukan dua uji coba nuklir," kata sumber yang tidak bersedia namanya disebutkan itu.

"Ada bukti kuat Korut sedangn mempersiapkan uji nuklir ketiga," tambahnya.

Perundingan tingkat pejabat militer antara kedua negara bulan ini mengalami kegagalan, yang merupakan hambatan bagi dimulainya perundingan enam negara menyangkut perlucutan senjata nuklir dengan imbalan bantuan. Korea meninggalkan perundingan itu dua tahun lalu.

Kendatipun kedua pihak tidak berunding, risiko dari kedua pihak sebut provokasi meningkat. Para pengamat mengatakan tindakan-tindakan nekad Korut dapat termasuk latihan militer atau serangan, atau melakukan uji coba rudal atau senjata nuklir.

Desember tahun lalu, satu institut kementerian luar negeri Korsel mengatakan Korut mungkin melakukan uji coba nuklir ketiga tahun 2011 untuk memperkuat kepercayaan suksesi Kim Jong-un.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com