Masuk Lewat Bali, 52 Imigran Ditangkap

Kompas.com - 20/02/2011, 18:53 WIB
EditorBenny N Joewono

DENPASAR, KOMPAS.com - Jajaran Polda Bali menggagalkan upaya penyelundupan puluhan imigran gelap asal Timur Tengah ke Australia yang masuk lewat perairan Madura dan Pulau Dewata.

"Ada sejumlah 52 orang imigran asal Timur Tengah kami amankan di Perairan Kubu, Kabupaten Karangasem, Sabtu malam," kata Direktur Pol Air Polda Bali, AKBP Agus Doeta Supranggono, Minggu (20/2/2011).

Petugas Pol Air Pos Kubu, yang melakukan patroli rutin sekitar pukul 18.30 Wita melihat ada kapal motor yang biasa mengangkut kayu terlihat mencurigakan.

"Kapal motor tersebut ternyata juga membawa muatan orang, sehingga segera kami lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui puluhan orang tersebut tidak mengantongi identitas atau dokumen sah apapun, sehingga polisi langsung mengamankannya.

Para penumpang gelap itu berangkat dari pelabuhan di Sumenep, Madura, menggunakan KM Bunga yang bermuatan kayu dan dinahkodai oleh Adi (22) asal Lombok Timur, NTB.

Usai menjalani pemeriksaan, malam itu juga sekitar pukul 20.00 Wita, seluruh penumpang gelap tersebut dievakuasi dan dibawa ke Denpasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, imigran gelap itu masih dalam pemeriksaan intensif tim Satgasda People Sumggling Polda Bali, dan seluruhnya kondisinya sejauh ini dalam keadaan sehat.

Agus menjelaskan, dalam kasus penanganan kasus ini sinergis, yakni usai penangkapan mereka lalu diserahkan ke Satgasusda Polda Bali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.