Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Lewat Bali, 52 Imigran Ditangkap

Kompas.com - 20/02/2011, 18:53 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Jajaran Polda Bali menggagalkan upaya penyelundupan puluhan imigran gelap asal Timur Tengah ke Australia yang masuk lewat perairan Madura dan Pulau Dewata.

"Ada sejumlah 52 orang imigran asal Timur Tengah kami amankan di Perairan Kubu, Kabupaten Karangasem, Sabtu malam," kata Direktur Pol Air Polda Bali, AKBP Agus Doeta Supranggono, Minggu (20/2/2011).

Petugas Pol Air Pos Kubu, yang melakukan patroli rutin sekitar pukul 18.30 Wita melihat ada kapal motor yang biasa mengangkut kayu terlihat mencurigakan.

"Kapal motor tersebut ternyata juga membawa muatan orang, sehingga segera kami lakukan pemeriksaan," ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui puluhan orang tersebut tidak mengantongi identitas atau dokumen sah apapun, sehingga polisi langsung mengamankannya.

Para penumpang gelap itu berangkat dari pelabuhan di Sumenep, Madura, menggunakan KM Bunga yang bermuatan kayu dan dinahkodai oleh Adi (22) asal Lombok Timur, NTB.

Usai menjalani pemeriksaan, malam itu juga sekitar pukul 20.00 Wita, seluruh penumpang gelap tersebut dievakuasi dan dibawa ke Denpasar.

Saat ini, imigran gelap itu masih dalam pemeriksaan intensif tim Satgasda People Sumggling Polda Bali, dan seluruhnya kondisinya sejauh ini dalam keadaan sehat.

Agus menjelaskan, dalam kasus penanganan kasus ini sinergis, yakni usai penangkapan mereka lalu diserahkan ke Satgasusda Polda Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com