Ben Ali Sembunyikan Harta di Istananya

Kompas.com - 20/02/2011, 08:21 WIB
EditorA. Wisnubrata

TUNIS, KOMPAS.com — Presiden terguling Tunisia menyembunyikan permata, emas, dan gumpalan uang kontan di sejumlah tempat rahasia di sekitar istananya. Demikian menurut video yang diperlihatkan oleh televisi negara, Sabtu (19/2/2011). Pergolakan rakyat pada Januari lalu telah menjatuhkan Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali setelah 23 tahun pemerintahannya yang represif. Pergolakan itu menjadi inspirasi bagi negara-negara Arab lain dan mendorong revolusi yang sama di Mesir.

Ben Ali menyembunyikan harta benda di balik tirai dan di tempat-tempat rahasia di belakang perpustakaan istana, menurut video yang disiarkan oleh First National TV. Diperlihatkan juga uang jutaan dollar AS dan euro, kalung-kalung emas dan permata yang ditemukan dari istana di Distrik Sidi Bou Said di Tunis, ibu kota Tunisia. Dalam siaran televisi disebutkan bahwa harta itu akan dibagikan kembali kepada rakyat Tunisia, yang mengeluhkan korupsi yang merajalela dalam pemerintahan Ben Ali di negara Afrika Utara itu. GDP per kapita Tunisia kira-kira 10 dollar AS per hari.

Prancis, Swiss, Kanada dan, Uni Eropa telah menyatakan membekukan aset mantan presiden itu dan keluarganya. Pemerintah sementara Tunisia, yang ditugasi untuk menentukan pemilihan, mengatakan, mereka telah berusaha untuk memperoleh kembali uang dan properti itu untuk membantu memerangi kemiskinan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X