Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Irak Ditembak Mati Dekat Rumah

Kompas.com - 18/02/2011, 04:00 WIB

MOSUL, KOMPS.com — Seorang wartawan Irak dibunuh di luar rumahnya di kota yang bergolak, Mosul, Irak utara, Kamis (17/2/2011).

Dua orang bersenjata menembak mati Hilal al-Ahmadi (50), ayah dari empat anak, yang kala itu meninggalkan rumahnya di Mithaq, daerah timur Mosul. Hal ini disampaikan seorang kapten polisi yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Ahmadi bekerja untuk dua penerbitan mingguan, Mosul Echo dan Iraqiyoun. Organisasi wartawan Reporters Without Borders (RSF) yang berpusat di Paris mengutuk pembunuhan itu dan menuntut penyelidikan.

Menurut kelompok Pengawas Wartawan Irak, lebih dari 250 wartawan dan pekerja media tewas di negara itu sejak invasi pimpinan AS pada 2003.

Ratusan orang tewas dalam gelombang kekerasan terakhir di Irak, termasuk sejumlah besar polisi Irak. Namun, AS tetap melanjutkan penarikan pasukan dari negara itu.

Meski kekerasan tidak seperti pada 2006-2007 ketika konflik sektarian berkobar mengiringi kekerasan anti-AS, sekitar 300 orang tewas setiap bulan pada 2010, dan Juli merupakan bulan paling mematikan sejak Mei 2008.

Militer AS menyelesaikan penarikan pasukan secara besar-besaran pada akhir Agustus, yang diumumkan sebagai akhir dari misi tempur di Irak. Setelah penarikan itu, jumlah prajurit AS di Irak menjadi sekitar 50.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com