2 Demonstran Tewas, Kolonel Dipecat

Kompas.com - 18/02/2011, 03:30 WIB
Editoryuli

TRIPOLI, KOMPAS.com — Dua orang tewas dalam bentrokan dengan pasukan keamanan di Libya timur dan seorang pejabat keamanan dipecat terkait dengan kematian mereka.

Surat kabar Libya, Quryna, Kamis (17/2/2011), melaporkan, Kementerian Dalam Negeri memecat Kolonel Hassan Kardhaoui, kepala keamanan di Provinsi Al-Jabal Al-Akhdar, setelah kematian Khaled Khanfer dan Saad al-Yamani, Rabu.

Pemrotes membakar "sejumlah mobil polisi dan warga", lapor Quryna. Disebutkan, polisi menutup toko-toko di kota wilayah timur, Al-Baida, yang menyulut bentrokan antara pegawai toko dan polisi sebelum situasi memburuk.

Laporan sejumlah LSM dan situs berita oposisi menunjukkan, antara empat dan 13 orang tewas di Al-Baida dalam bentrokan antara pasukan keamanan dan demonstran yang menentang rezim Moamer Kadhafi menjelang "Hari Amarah" pada Kamis. Demonstrasi diserukan para aktivis di internet.

Aktivis pro-demokrasi di sejumlah negara Arab, termasuk Libya, tampaknya terinspirasi oleh pemberontakan di Tunisia dan Mesir, yang berhasil menumbangkan pemerintah yang telah berkuasa selama puluhan tahun.

Buntut dari demonstrasi mematikan selama lebih dari dua pekan di Mesir, Presiden Hosni Mubarak mengundurkan diri pada Jumat (11/2/2011) setelah berkuasa selama lebih kurang 30 tahun dan menyerahkan kekuasaan kepada Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata, sebuah badan yang mencakup sekitar 20 jenderal yang sebagian besar tidak dikenal umum sebelum pemberontakan itu.

Sampai pemilu dilaksanakan, Dewan Militer Mesir menjadi badan eksekutif negara. Mereka bertugas mengawasi pemerintah sementara Perdana Menteri Ahmed Shafiq.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X