Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Mungkin Serbu Lebanon Lagi

Kompas.com - 16/02/2011, 15:25 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Tentara Israel mungkin harus memasuki Lebanon lagi untuk memastikan anggota Hezbollah mengingat pelajaran dari perang tahun 2006,  kata Menteri Pertahanan Ehud Barak, sebagaimana dikutip di sebuah surat kabar Israel, Rabu (16/2/2011).

"Meskipun kawasan itu tenang dan pencegahan ada, Hezbollah mengingat pertempuran berat yang mereka derita akibat serangan kami tahun 2006, tetapi tidak selamanya, dan Anda mungkin akan terpanggil untuk masuk lagi," kata Barak dalam sebuah tur  ke perbatasan utara dengan Kepala Staf militer yang baru, Benny Gantz.

Pernyataannya itu, yang merujuk pada perang mematikan Israel selama 34 hari dengan milisi Syiah Lebanon yang kuat, dilaporkan oleh harian Haaretz.

"Kami harus siap untuk setiap ujian," kata Barak kepada pasukan yang ditempatkan di sepanjang perbatasan. "Rahasianya adalah bereaksi cepat dalam hal terjadi sesuatu dan dalam beberapa detik menerjemahkan segala sesuatu yang Anda pelajari dalam pelatihan Anda." Perang tahun 2006 menewaskan 1.200 orang di Lebanon, sebagian besar dari mereka warga sipil, dan 160 warga Israel, kebanyakan dari mereka tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com