Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keponakan Dalai Lama Tewas di AS

Kompas.com - 16/02/2011, 07:30 WIB

PALM COAST, KOMPAS.com - Keponakan Dalai Lama tewas tertabrak di jalan raya A1A di Palm Coast, pesisir timur Florida, Amerika Serikat, Senin (14/2) malam. Jigme K Norbu (45) tertabrak sebuah mobil SUV saat berjalan kaki dalam rangka meningkatkan kesadaran akan perjuangan Tibet untuk merdeka dari China.

Menurut situs ambassadorforworldpeace.org, Norbu sedang melakukan ”Jalan Kaki untuk Tibet” sepanjang 300 mil (sekitar 480 kilometer) dari St Augustine ke West Palm Beach. Norbu, putra almarhum kakak Dalai Lama, Takster Rinpoche, telah beberapa kali melakukan aksi serupa, termasuk berjalan kaki sepanjang 900 mil (sekitar 1.450 km) tahun 2009 dari Indiana ke New York.

Jalan kaki itu menandai ulang tahun ke-50 pemberontakan Tibet yang gagal melawan kekuasaan China. Kegagalan itu membuat pamannya, pemimpin spiritual utama Tibet, terpaksa hidup dalam pengasingan.

Menurut Pierre Tristam, editor sebuah media komunitas nonprofit di Flagler County, dia tengah menuju sebuah restoran untuk mewawancarai Norbu dan rekannya ketika melihat lampu polisi di jalan raya tak jauh dari situ. Dia mendatangi tempat itu dan segera menyadari bahwa Norbu yang tewas.

”Saya tak menyangka itu dirinya,” ujar Tristam. Dia mengatakan, Norbu sedang berjalan sepanjang garis putih di sisi jalan yang gelap tanpa penerangan itu ketika tertabrak. Mobil yang menabraknya dikemudikan Keith R O’Dell (31), warga Palm Coast. Patroli polisi mengatakan, O’Dell tidak dikenai tuntutan.

Almarhum ayah Norbu adalah seorang lama tinggi yang menjadi kepala biara ketika China menginvasi Tibet. Kakak beradik itu melarikan diri ke pengasingan setelah pemberontakan 1959.

Rinpoche, yang meninggal pada usia 86 tahun, September 2008, adalah mantan profesor kajian Tibet di Indiana University di Bloomington, sekaligus menjadi perwakilan Dalai Lama di AS. Dalai Lama telah beberapa kali mengunjungi Bloomington, tempat Pusat Kebudayaan Buddhis Mongol Tibet.

Sekretaris pribadi Dalai Lama, Chhime Rigzing, mengatakan, Dalai Lama berduka mendengar musibah ini. ”Kami menerima kabar duka itu hari ini. Beliau sangat sedih dan menanyakan bagaimana kecelakaan itu terjadi. Beliau akan mengingatnya dalam doa,” ujarnya. (AP/AFP/DI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com