Polisi Iran-Demonstran Bentrok, 1 Tewas

Kompas.com - 15/02/2011, 06:29 WIB
Editoryuli

TEHERAN, KOMPAS.com - Polisi Iran melepaskan tembakan gas air mata dan peluru cat ke arah para pengunjuk rasa antipemerintah di Teheran, Senin (14/2/2011), menurut para saksi mata dan laman Internet.

Sementara, kantor berita Fars melaporkan, satu orang pejalan kaki tewas terkena tembakan. Fars juga melaporkan sejumlah orang menderita luka-luka terkena tembakan.

Menurut kantor berita itu, aksi ilegal oleh para penjahat, kelompok munafik dan pendukung monarki menyebabkan kerusuhan itu.  Polisi bergerak ketika kerumunan pendukung oposisi berkumpul di Bundaran Azadi (Kebebasan) mulai meneriakkan "Matilah Diktator!"

Ini slogan yang ditujukan terhadap Presiden Mahmoud Ahmadinejad setelah hasil resmi pemilihan presiden 2009 membawanya ke masa kepresidenan kedua. Hasil pemilihan itu dipertentangkan oleh oposisi.

Menurut laman pemimpin oposisi Mir Hossein Mousavi, Kaleme.com, berdasarkan "laporan yang belum dikonfirmasi, ratusan orang pengunjuk rasa ditahan di Teheran." Hingga sejauh ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak-pihak berwenang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.