Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Cinta, Kejar Pengunjung Berjuta

Kompas.com - 14/02/2011, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Dominasi logo bajak laut bermata satu dengan persilangan sendok dan garpu di atas sepotong burger terhitung tak lama di salah satu sudut Gedung Sarinah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Ya, sudut gedung bersejarah yang  sempat disambangi Barack Obama, kini Presiden Amerika Serikat, di masa kanak-kanaknya memang dua tahun belakangan menjadi  salah satu titik perseteruan pengelolaan restoran makanan cepat saji antara ToniJack's Indonesia dengan McDonald's  Indonesia.

Lepas dari itu, di tengah hujan deras yang mengguyur Ibu Kota pada Hari Kasih Sayang, Senin (14/2/2011), sebagaimana pernyataan Sukowati  Sosrodjojo, Presiden Direktur PT Rekso Nasional Food (RNF), pihaknya menghadirkan kembali gerai McDonald's di Sarinah. "Pertimbangan bisnis yang matang mendasari pembukaan gerai ini," kata Sukowati dalam sambutannya pada perayaan 20 tahun  McDonald's di Indonesia. Dalam kesempatan itu, hadir pula Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah dan Direktur Utama PT Sarinah Jimmy M Rifai Gani.

Boleh jadi memang, pernyataan Sukowati benar adanya. Khalayak Ibu Kota memang sudah telanjur mengakui kalau gerai tersebut menjadi salah satu tempat berkumpul yang favorit. Secara umum, selain mudah dicapai dari berbagai arah, kawasan Sarinah relatif memiliki sarana pendukung yang lengkap. Gerai McDonald's di situ buka 24 jam dan 7 hari seminggu.

Sukowati lebih lanjut mengatakan gerai tersebut kini dilengkapi dengan layanan pengantaran, akses internet gratis, ruang  bermain, dan ruang pesta. Khusus untuk kehadirannya kembali di Sarinah, RNF mengedepankan semboyan "Karena Cinta, Kami Kembali".  "Ke depan, kami akan menjadikan McDonald's sebagai ikon Rekso Nasional Food," katanya.

Memang perhitungan bisnis, mau tak mau, lekat dengan usaha mendatangkan untung di sektor restoran cepat saji. Makanya, Sukowati, saat ditanya, mengatakan kalau pihaknya bakal meningkatkan target jumlah pengunjung di atas 80.000 orang per bulan. Target itu sendiri merupakan pencapaian kali terakhir tatkala McDonald's sempat "menghilang" sejak 2009. Artinya, selama kurun waktu setahun ini, pihak RNF makin mengejar jumlah pengunjung berjuta.

Sementara, RNF juga mengatakan sudah memiliki 19 gerai baru dan meremajakan sekitar 30 gerai. Maka, total gerai kelolaan RNF mencapai 112 gerai di 24 kota Indonesia. Saat ini, McDonald's mematok harga makanan bervariasi mulai dari Rp 5.000 ke atas.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com