Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Tewaskan Lima Anggota Abu Sayyaf

Kompas.com - 13/02/2011, 15:23 WIB

ZAMBOANGA, KOMPAS.com — Pasukan militer Filipina menyerbu tempat persembunyian Abu Sayyaf yang punya hubungan dengan Al Qaeda di Filipina selatan, menewaskan lima anggota mereka.

Juru bicara militer regional Letnan Kolonel Randolph Cabangbang mengatakan, serangan militer di pulau terpencil Basilan pada Sabtu itu juga menewaskan dua tentara pemerintah.

"Baku tembak berlangsung selama tiga jam," kata Letkol Randolph Cabangbang singkat, Minggu (13/2/2011).

Kelompok Abu Sayyaf berjumlah sekitar 30, meninggalkan perkemahan kecil pemberontak terdiri tujuh bunker, peralatan komunikasi, dan amunisi.

Salah satu dari lima pria bersenjata yang tewas diyakini Juhaiber Alamsirul, yang dikenal sebagai sub-komandan kelompok Abu Sayyaf, yang beroperasi terutama di pulau Basilan, dan terkait dengan kasus penculikan sebelumnya di daerah tersebut.

Abu Sayyaf adalah kelompok berkekuatan 300 gerilyawan garis keras. Kelompok ini didirikan pada 1990-an oleh seorang penghasut Islam Filipina dengan menggunakan uang dari jaringan Al Qaeda.

Abu Sayyaf dianggap bertanggung jawab atas serangan terorisme terburuk di negara itu, termasuk pengeboman feri penumpang di Teluk Manila pada tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 100 orang.

"Kelompok tersebut belakangan ini juga dikaitkan dengan serangkaian penculikan tokoh terkenal dengan target para turis asing dan lokal, para pedagang, dan misionaris di selatan," kata pihak berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com