Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Berharap Transisi di Mesir Mulus

Kompas.com - 12/02/2011, 00:57 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Israel berharap transisi kekuasaan di Mesir setelah kepergian Presiden Hosni Mubarak, Jumat (11/2/2011), akan berjalan mulus.

"Kami harap transisi menuju demokrasi, yang dilakukan Mesir dan negara tetangganya, akan berlangsung mulus," kata pejabat Israel yang tidak disebutkan namanya kepada AFP.

Mubarak mundur setelah 30 tahun berkuasa dan menyerahkan kekuasaan kepada Dewan Militer. Sementara dari Teheran, Iran yang merupakan seteru Israel di Timur Tengah, mengatakan bahwa rakyat Mesir telah mencapai "kemenangan besar".

Sekretaris Jenderal Liga Arab Amr Moussa, yang juga merupakan warga negara Mesir, menyambut "revolusi putih" yang berlangsung di negaranya. Namun, ia menolak mengatakan bahwa ia akan maju sebagai presiden negara Arab itu.

"Saya menantikan masa depan untuk membangun sebuah konsensus nasional. Kesempatan besar telah datang dan jendela sudah terbuka setelah revolusi putih ini dan setelah Presiden mengalah kepada rakyat," katanya kepada televisi Al Arabiya.

Ketika ditanya apakah ia tertarik untuk menjadi presiden, ia mengatakan, "Ini bukan saatnya untuk berbicara tentang hal itu .... Sebagai warga negara Mesir, saya bangga melayani negara saya bersama yang lainnya di pentas ini, untuk mencapai keseragaman opini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com