Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, 16 Orang Tewas di Juarez

Kompas.com - 11/02/2011, 14:36 WIB

CIUDAD JUAREZ, KOMPAS.com — Enam perempuan dan seorang pria tewas tertembak di sebuah bar di kota Ciudad Juarez di Meksiko utara, Kamis malam, setelah orang-orang bersenjata menyerbu gedung itu. Menurut kepolisian setempat, pembantaian malam itu terjadi setelah hari berdarah yang juga menyebabkan delapan tersangka anggota kartel obat bius dan seorang tentara tewas dalam baku tembak di Negara Bagian Zacatecas, Meksiko tengah-utara. Pembunuhan di bar di Juarez juga menyebabkan dua perempuan lainnya cedera serius di kota yang terletak tepat di seberang perbatasan El Paso di Negara Bagian Texas, AS, itu.

Ciudad Juarez termasuk di antara wilayah yang paling parah dilanda perang berdarah antara kartel-kartel obat bius yang bermusuhan,  yang telah menewaskan lebih dari 34.200 orang sejak Desember 2006, ketika Presiden Felipe Calderon melancarkan penumpasan nasional yang telah gagal membendung gelombang kekerasan. "Dalam pertempuran di Zacatecas, tentara sedang menyelidiki laporan tentang orang-orang bersenjata di sekitar kota Tabasco," kata Kementerian Pertahanan. "Para tersangka melepaskan tembakan ke arah prajurit," kata juru bicara pemerintah.

Tabasco terletak 190 kilometer di utara Guadalajara. Awal pekan ini, pihak berwenang menemukan lima mayat pria yang  dibuang di tepi jalan di Zacatecas, setelah mereka dibantai. Kematian tersebut menjadikan jumlah orang yang tewas pada akhir pekan lalu menjadi 41, berkaitan dengan kekerasan masalah obat bius, terutama di Meksiko utara di mana kartel obat bius berperang untuk memperebutkan rute  penyelundupan ke Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com