Gaun Rp 300.000-an Michelle Obama

Kompas.com - 11/02/2011, 10:00 WIB
EditorDini

KOMPAS.com — Anda tentu sudah sering mendengar ungkapan seperti, "bajunya murah, tetapi jadi terkesan mahal karena saya yang memakainya". Artinya, kepribadian atau penampilan keseluruhan si pemakai mampu mengangkat "martabat" pakaian yang murah itu. Dan, ungkapan ini tampaknya sesuai sekali dengan kebiasaan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama.

Kamis (10/2/2011), Michelle hadir di acara Today Show di stasiun NBC yang dipandu oleh Matt Lauer. Namun, bukan obrolan tentang perlawanan Michelle tentang kasus obesitas pada anak yang menjadi perhatian pemirsa, melainkan gaun yang dia kenakan. Bukan apa-apa. Perempuan jangkung ini mengenakan gaun polkadot warna biru navy dan putih keluaran H&M yang harganya cuma 34,95 dollar AS (sekitar Rp 312.000)!

Di tubuh Michelle, gaun dengan aksen ruffle di dada ini tetap terlihat mengesankan. Ia memberikan sentuhan personal pada gaunnya dengan menambahkan obi belt berwarna oranye dan melengkapinya dengan sepatu pumps warna kuning terang. Uniknya lagi, gaun itu aslinya tanpa lengan. Stylist-nya, Meredith Kroop, justru menambahkan lengan pada gaun tersebut sehingga menutupi lengan Michelle yang kencang.

Menurut Politico.com, stylist berusia 28 tahun ini memainkan peran sangat penting dalam pilihan busana Ibu Negara. Kroop juga diyakini sebagai penyebab pemilihan gaun Alexander McQueen yang dikenakan Michelle dalam suatu jamuan kenegaraan. Pilihan ini dianggap kontroversial karena Michelle lebih memilih gaun rancangan desainer Inggris ketimbang desainer Amerika Serikat (AS).

Namun, Mrs O menangkis balik kritikan tersebut saat diwawancarai pada acara Good Morning America. Dia mengatakan akan tetap memilih pakaian yang membuat dirinya nyaman, tak peduli apa mereknya.

"Gini deh," katanya, "pakai saja apa yang Anda suka. Itu yang bisa saya katakan. Itu moto saya."

Koop bukan satu-satunya orang yang ditunjuk sebagai penata gaya tak resmi untuk Michelle meskipun ia yang pertama kali ditugaskan di Gedung Putih. Pemilik butik Chicago, Ikram Goldman, pun sudah lama disebut membantu Michelle dengan gaya berbusananya. Banyak gaun Ibu Negara ini dibeli di tokonya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perempuan yang baru berulang tahun ke-47 ini dikenal dengan gaya kasualnya dan sering memadukan item rancangan desainer terkenal dengan item lain yang harganya sangat terjangkau. Ketika ditanya oleh Matt Lauer mengenai sebutannya sebagai ikon fashion, Michelle mengatakan, meskipun sangat tersanjung, ia tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dibesar-besarkan.

"Semua orang harus berpakaian pada pagi hari dan memilih sesuatu. Mudah-mudahan, menurut orang, (pakaian saya) bagus. Namun, saya tidak terlalu memerhatikannya," katanya.

Ini bukan pertama kalinya Ibu Negara menciptakan kehebohan dengan memilih pakaian dari perusahaan ritel. Tahun 2008, ia mengenakan gaun motif print hitam-putih berpinggang tinggi dari Ricco berharga 148 dollar AS (sekitar Rp 1,3 juta) untuk tampil pada acara The View. Gaun ini terjual habis dalam semalam dan mengangkat nama Ricco. Sejak itu, Michelle sering mengenakan pakaian "murah" dari kardigan J.Crew hingga gaun-gaun yang dijual di Target.

Pakaian yang dipakai Michelle Obama memang selalu menawarkan ekspos yang luas, bahkan bisnis, untuk peritel. Menurut profesor bidang keuangan dari New York University, David Yermack, Michelle membantu mendongkrak penjualan hingga 2,7 miliar dollar AS untuk perusahaan ritel dan fashion yang produknya dia kenakan untuk lebih dari 189 penampilan publik antara November 2008 sampai Desember 2009.

"Itu sangat berarti untuk negeri ini, melihat seorang ibu negara yang memahami bahwa kita sedang menghadapi krisis ekonomi dan ia menjadi bagian dari krisis itu," ujar kontributor gaya Today Show, Stacy London, pada 2009. Michelle sanggup mewakili situasi itu dan masih bisa tampil bergaya dan meyakinkan perempuan lain untuk ikut terlihat menarik.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.