Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Pengalihan Kekuasaan Tak Cukup

Kompas.com - 11/02/2011, 08:26 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (10/2/2011) waktu setempat, memperingatkan, pengalihan sejumlah kekuasaan oleh Presiden Mesir Hosni Mubarak kepada wakilnya, Omar Suleiman, tidak kredibel dan tidak memperlihatkan perubahan nyata. Menurut Obama, Kairo harus menempuh jalan yang jelas menuju demokrasi.

"Rakyat Mesir telah diberi tahu bahwa ada transisi kekuasaan, tetapi masih belum jelas bahwa transisi ini bersifat segera, bermakna, atau memadai," kata Obama dalam sebuah pernyataan tertulis.

"Terlalu banyak rakyat Mesir yang masih tidak yakin bahwa pemerintah serius tentang transisi sejati menuju demokrasi. Ini merupakan tanggung jawab pemerintah untuk berbicara dengan jelas kepada rakyat Mesir dan dunia. Pemerintah Mesir harus mengedepankan jalan yang dapat dipercaya, langkah nyata dan tegas menuju demokrasi, dan mereka belum memperoleh kesempatan itu," kata Obama.

Obama juga memperingatkan, Pemerintah Mesir tidak boleh menggunakan kekerasan menyusul penolakan Presiden Hosni Mubarak untuk mundur. "Harus ada pengendalian diri dari semua pihak. Kekerasan harus ditinggalkan. Sangat penting bahwa pemerintah tidak menanggapi aspirasi rakyat dengan represi atau aksi brutal. Suara-suara rakyat Mesir harus didengar," kata Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com