Obama: Pengalihan Kekuasaan Tak Cukup

Kompas.com - 11/02/2011, 08:26 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (10/2/2011) waktu setempat, memperingatkan, pengalihan sejumlah kekuasaan oleh Presiden Mesir Hosni Mubarak kepada wakilnya, Omar Suleiman, tidak kredibel dan tidak memperlihatkan perubahan nyata. Menurut Obama, Kairo harus menempuh jalan yang jelas menuju demokrasi.

"Rakyat Mesir telah diberi tahu bahwa ada transisi kekuasaan, tetapi masih belum jelas bahwa transisi ini bersifat segera, bermakna, atau memadai," kata Obama dalam sebuah pernyataan tertulis.

"Terlalu banyak rakyat Mesir yang masih tidak yakin bahwa pemerintah serius tentang transisi sejati menuju demokrasi. Ini merupakan tanggung jawab pemerintah untuk berbicara dengan jelas kepada rakyat Mesir dan dunia. Pemerintah Mesir harus mengedepankan jalan yang dapat dipercaya, langkah nyata dan tegas menuju demokrasi, dan mereka belum memperoleh kesempatan itu," kata Obama.

Obama juga memperingatkan, Pemerintah Mesir tidak boleh menggunakan kekerasan menyusul penolakan Presiden Hosni Mubarak untuk mundur. "Harus ada pengendalian diri dari semua pihak. Kekerasan harus ditinggalkan. Sangat penting bahwa pemerintah tidak menanggapi aspirasi rakyat dengan represi atau aksi brutal. Suara-suara rakyat Mesir harus didengar," kata Obama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X