Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Anggota Kartel Narkoba Tertembak Mati

Kompas.com - 11/02/2011, 03:22 WIB

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Delapan tersangka anggota kartel narkoba dan seorang tentara terbunuh dalam baku tembak di negara bagian utara Meksiko, Zacatecas, menurut Kementerian Pertahanan, Kamis (10/2/2011).

Adu senjata itu terjadi di kota Tabasco, tempat para tentara memeriksa sebuah laporan tentang keberadaan sejumlah pria bersenjata di wilayah itu. Menurut pemerintah, para tersangka membuka tembakan terlebih dahulu ke arah tentara.

Tabasco berlokasi 190 kilometer di utara Guadalajara. Pada hari Senin, otoritas setempat menemukan jenazah lima pria yang dicampakkan di tepi jalan kota Zacatecas, dengan gaya pembunuhan eksekusi pemenggalan.

Kematian itu menambah jumlah orang yang terbunuh pada akhir pekan lalu dalam kasus kekerasan terkait narkoba, terutama di utara Meksiko, yang merupakan wilayah peperangan kartel narkoba dalam memperebutkan rute penyelundupan ke Amerika Serikat.

Diperkirakan 34.200 orang telah terbunuh sejak 2006, ketika Presiden Felipe Calderon mengumumkan perang bersenjata terhadap kartel narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com