8 Anggota Kartel Narkoba Tertembak Mati

Kompas.com - 11/02/2011, 03:22 WIB
Editoryuli

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Delapan tersangka anggota kartel narkoba dan seorang tentara terbunuh dalam baku tembak di negara bagian utara Meksiko, Zacatecas, menurut Kementerian Pertahanan, Kamis (10/2/2011).

Adu senjata itu terjadi di kota Tabasco, tempat para tentara memeriksa sebuah laporan tentang keberadaan sejumlah pria bersenjata di wilayah itu. Menurut pemerintah, para tersangka membuka tembakan terlebih dahulu ke arah tentara.

Tabasco berlokasi 190 kilometer di utara Guadalajara. Pada hari Senin, otoritas setempat menemukan jenazah lima pria yang dicampakkan di tepi jalan kota Zacatecas, dengan gaya pembunuhan eksekusi pemenggalan.

Kematian itu menambah jumlah orang yang terbunuh pada akhir pekan lalu dalam kasus kekerasan terkait narkoba, terutama di utara Meksiko, yang merupakan wilayah peperangan kartel narkoba dalam memperebutkan rute penyelundupan ke Amerika Serikat.

Diperkirakan 34.200 orang telah terbunuh sejak 2006, ketika Presiden Felipe Calderon mengumumkan perang bersenjata terhadap kartel narkoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.