Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Penguasa Sarankan Mubarak Mundur

Kompas.com - 11/02/2011, 01:40 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Presiden Mesir Hosni Mubarak sebaiknya turun. Demikian dikatakan Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokratik yang berkuasa, Hossam Badrawi, kepada BBC, Kamis (10/2/2011).

"Saya mengharap Presiden menanggapi keinginan rakyat karena apa yang dipermasalahkannya pada akhirnya merupakan stabilitas negara. Kedudukan tersebut tidak penting baginya," kata bos partai terbesar di Mesir itu.

"Tindakan yang benar menurut saya adalah dengan mengirim surat mengenai amandemen konstitusional untuk turun dan menyerahkan kekuasaan kepada Wakil Presiden dan meminta pemilihan umum lebih awal ketika amandemen tersebut diterima," tambah dia.

"Saya rasa dia tidak akan meninggalkan Mesir. Dia merupakan pahlawan militer. Dia telah melakukan banyak hal baik," kata Badrawi.

"Saya pikir perasaan masyarakat terhadap dia pada umumnya benar bahwa mereka menginginkan Mubarak menyingkir dan turun. Namun, masyarakat Mesir adalah warga yang baik dan saya rasa mereka akan melakukannya dengan menghormati dan menghargai seorang pahlawan militer mereka," ungkap Badrawi.

Badrawi mengaku tidak memiliki keterangan soal kabar bahwa Mubarak sedang berada di rumah peristirahatannya di Sharm El Sheikh, Laut Merah. Badrawi justru melihat Mubarak di Kairo pada Rabu (9/2/2011) dan berbicara kepadanya melalui telepon pada hari Kamis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com