Geng Penyelundup Imigran Vietnam Dibekuk

Kompas.com - 09/02/2011, 10:57 WIB
EditorEgidius Patnistik

DEN HAAG, KOMPAS.com - Polisi Eropa, Selasa, mengatakan mereka telah menghancurkan sebuah geng penyelundupan imigran Vietnam internasional. Polisi menangkap 35 orang dalam penggerebekan-penggerebekan terkoordinasikan di Jerman, Perancis, Republik Ceko, Hungaria dan Inggris.

Ratusan petugas polisi ambil bagian dalam operasi fajar itu dengan menyita peralatan komputer dan telepon genggam. "Polisi dari lima negara telah mengambil tindakan terhadap jaringan kriminal canggih yang terlibat dalam perdagangan imigran gelap, sebagian besar asal Vietnam," kata badan penegakan hukum Uni Eropa Europol dan Eurojust dalam pernyataan bersama.

Badan itu menjelaskan, 19 orang telah ditangkap di Perancis, 8 di Jerman, dan sisanya di tiga negara lainnya. Satu penyelidikan di seluruh Eropa telah berlangsung sejak September terhadap 22 tersangka yang dituduh memperdagangkan 72 warga Vietnam dari Jerman ke Inggris melalui Belgia dan Perancis.

Orang membayar sebanyak 3.000 euro (4.000 dolar) untuk diangkut, sering melalui Moskwa, ke Jerman. Mereka kemudian dibawa ke Inggris dengan harapan akan diterima oleh masyarakat Vietnam yang besar di negara itu, kata pernyataan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X