Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perundingan Pertama untuk Buat Dasar

Kompas.com - 08/02/2011, 20:49 WIB

KOMPAS.com - Perundingan pertama sejak Korea Utara (Korut) menyerang Pulau Yeonpyeong November lalu mempertemukan dua Korea berseteru. Menurut warta AP dan AFP pada Selasa (8/2/2011), perundingan tersebut diselenggarakan di Panmunjom di perbatasan. Hadir dalam kesempatan itu adalah para pejabat militer kedua negara.

Pihak Korea Selatan (Korsel) mengatakan pembicaraan pertama itu bertujuan meletakkan dasar untuk pertemuan tingkat tinggi selanjutnya. Pada langkah selanjutnya, para pemimpin kedua Korea kemungkinan akan melakukan pertemuan. Hubungan kedua negara sangat tegang sejak 46 warga Korsel tewas ketika kapal mereka tenggelam bulan Maret lalu. Seoul menyalahkan Utara atas insiden ini, tetapi Pyongyang membantah.

Pada akhir pekan Korsel mencegat satu kapal nelayan Korut beberapa kilometer di sebelah selatan perbatasan laut yang dipertikaikan dan dekat pulau Yeonpyeong yang digempur Utara dengan roket artileri. Ke-31 orang di atas kapal nelayan ini serang diperiksa oleh para pejabat Korsel. Seorang pejabat mengatakan mereka ini adalah para pekerja Korut, dan bukan sejumlah keluarga. Ia menambahkan bahwa tidak ada anak-anak di atas perahu nelayan itu.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com