Korut-Korsel Memulai Pembicaraan Militer

Kompas.com - 08/02/2011, 09:04 WIB
EditorEgidius Patnistik

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara (KOrut) dan Korea Selatan (Korsel) akan bertemu di desa gencatan senjata di Panmunjom, Selasa (8/2/2011) ini, untuk memulai perundingan militer level menengah, kata Kementerian Pertahanan Korsel. Pembicaraan itu dimaksudkan untuk membantu dalam membuka jalan bagi perundingan militer tingkat yang lebih tinggi.

Para perwira level kolonel dari kedua belah pihak akan memimpin pertemuan itu, yang diharapkan dimulai pada pukul 10 pagi waktu setempat, demikian menurut kementerian itu. Korsel sebelumnya mengatakan, pihaknya akan menuntut Pyongyang bertanggung jawab atas provokasi militer tahun lalu dan berjanji untuk tidak melakukan serangan apapun lagi. Pembicaraan militer tingkat tinggi akan diadakan hanya jika Korut berjanji untuk menahan diri dari provokasi lebih lanjut.

Seoul juga telah mengusulkan untuk mengadakan pembicaraan antara pejabat pemerintah tingkat tinggi kedua Korea guna membahas denuklirisasi, sesuatu belum disetujui Korut.

Bulan lalu, Kementerian Unifikasi Korsel mengatakan, pihak telah membuka kembali jalur komunikasi dengan Korut di daerah perbatasan Panmunjom. Itu untuk pertama kalinya dalam delapan bulan kedua belah pihak membuka kembali jalur komunikasi, saat ketegangan di semenanjung itu tetap tinggi. Korut memutus komunikasi pada 26 Mei sebagai protes atas respon Seoul terkait tenggelamnya sebuah kapal angkatan laut negara itu pada bulan Maret. Korsel menyalahkan Korut atas tenggelamnya kapal itu yang menewaskan 46 pelaut. Namun Pyongyang menyangkal keterlibatannya dalam tenggelamnya kapal Cheonan tersebut.

Ketegangan meningkat lagi bulan November, ketika Korut melancarkan tembakan artileri ke pulau Yeonpyeong milik Korsel, yang menewaskan dua marinir Korsel dan dua warga sipil. Pyongyang mengatakan, serangan itu sebagai tanggapan atas latihan angkatan laut Korsel yang menembakan peluru ke wilayah perairan Korut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.