Aristide Dapat Paspor Baru dari Haiti

Kompas.com - 08/02/2011, 08:31 WIB
EditorEgidius Patnistik

PORT AU PRINCE, KOMPAS.com - Pemerintah Haiti, Senin, mengeluarkan paspor baru bagi bekas presiden Jean-Bertrand Aristide, yang memungkinkannya untuk mengakhiri pengasingannya di Afrika Selatan dan kembali ke Haiti. "Paspor itu dikeluarkan Senin. Semua formalitasnya telah selesai," kata seorang pejabat pemerintah, yang berbicara tanpa menyebut nama. Ia menambahkan, dokumen itu telah diserahkan kepada salah seorang pengacara Aristide, Ira Kurzban.

Kurzban, yang berkantor di Miami, telah tiba dalam beberapa hari terakhir ini di Haiti untuk menerima kepemilikan paspor itu, pejabat tersebut menambahkan.

Aristide telah tinggal di Afrika Selatan sejak diusir tahun 2004, dan dalam beberapa bulan belakangan ini ia berulang kali minta diperbolehkan pulang ke negara Karibea itu.

Pemimpin yang pertama terpilih secara demokratis itu, yang terpaksa melarikan diri di tengah pemberontakan rakyat setelah dua masa jabatan sebagai presiden, mengatakan ia ingin pulang untuk membantu orang-orang sebangsanya. Haiti telah dalam kekacauan sejak gempa pada Januari 2010 yang merusak negara itu dan menewaskan 250.000 orang serta membuat 1,3 juta orang tanpa rumah.

Pemilihan presiden juga telah menambah ketegangan, dengan putaran kedua pemilihan dijadwalakn pada 20 Maret setelah cukup lama ditangguhkan. Bulan lalu, bekas diktator Jean-Claude "Baby Doc" Duvalier kembali dari sekitar dua dasawarsa di pengasingan, juga meningkatkan ketegangan di negara yang beberapa tahun terkenal karena pergolakan politik dan pertumpahan darahnya itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.