Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Bebaskan Pejabat Eksekutif Google

Kompas.com - 08/02/2011, 08:13 WIB

KAIRO, KOMPAS.com -  Pemerintah Mesir, Senin, membebaskan seorang pejabat eksekutif raksasa internet Google yang ditangkap pekan lalu dalam aksi protes terhadap Presiden Hosni Mubarak. "Kebebasan merupakan anugrah yang layak diperjuangkan," kata Kepala Marketing Google untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Wael Ghonim, dalam pesan yang ditulisnya di Twitter, segera setelah pembebasannya.

"Lega sekali, Wael Ghonim telah dibebaskan. Cinta kami untuknya dan keluarga," tulis Mountain View, laman Twitter Google yang berasal dari California. Ghonim yang merupakan warga Mesir, ditahan pada 28 Januari di Bundaran Tahrir Kairo setelah ia bergabung dengan ribuan warga yang menuntut pengunduran diri Mubarak.

Google pekan lalu meminta bantuan untuk mencari Ghonim, yang berada di Mesir untuk sebuah acara konferensi ketika aksi protes dimulai. Di Twitter, Ghonim meminta semua orang mendoakan Mesir dan menyampaikan ketakutan bilamana pemerintah Mesir merencanakan sebuah kejahatan perang terhadap rakyatnya. "Kami semua siap mati," tulisnya dalam sebuah pesan.

Amnesti Internasional telah mengingatkan bahwa Ghonim akan mendapat siksaan di penjara Mesir, setelah keluarganya melaporkan bahwa mereka tidak dapat mengonfirmasi penangkapan Ghonim ataupun mengetahui keberadaannya selama beberapa hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com