Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Turun di Bawah 100 Dollar

Kompas.com - 08/02/2011, 08:08 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak di New York turun pada Senin (7/2/2011) waktu setempat seiring dengan meredanya kekhawatiran tentang gangguan melalui Terusan Suez strategis yang vital.      "Beberapa kekhawatiran tentang Mesir kini sedang dilihat setidaknya sebagian diselesaikan," kata Adam Sieminski dari Deutsche Bank." Kenyataan bahwa hal-hal yang tidak memburuk membuat minyak mentah terlihat kurang berisiko."

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman Maret, turun 1,55 dollar AS menjadi mengakhiri hari di 87,48 dollar AS per barrel.

Di London minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret berada di 99,25 dollar AS, turun 58 sen dibandingkan dengan penutupan Jumat.

Harga minyak mentah New York jauh tertinggal dari Brent karena persediaan besar minyak sisa pada titik transit utama AS Cushing, Oklahoma, menurut para analis.

Penurunan harga muncul setelah Brent minggu lalu melompat di atas batas utama 100 dollar AS untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun karena kekhawatiran atas dampak kerusuhan di Mesir pada pasokan energi global.

Pada Minggu  Wakil Presiden Mesir Omar Suleiman bertemu dengan kelompok-kelompok oposisi dalam upaya untuk menenangkan sebuah pemberontakan anti-pemerintah.

Suleiman -- pembantu utama dan mungkin pengganti Presiden Hosni Mubarak -- mengundang kelompok-kelompok oposisi untuk membahas pembentukan sebuah panel yang akan memandu reformasi demokratis.

Namun demikian, demonstran tidak terkesan dan berjanji melanjutkan aksi mereka yang sudah berlangsung dua pekan di Lapangan Tahrir, Kairo, ada sedikit kekerasan terlihat dalam beberapa hari terakhir.

Meski Mesir bukan produsen minyak mentah utama, negara ini adalah lokasi Terusan Suez yang membawa sekitar 2,4 juta barel per hari, kurang lebih sama dengan produksi Irak atau Brazil.

Didukung kekhawatiran Mesir, minyak mentah Brent melonjak ke 103,37 dollar AS pada Kamis lalu -- mencapai tingkat tertinggi sejak 26 September 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com