Fungsi Ganda Pagar Kaca

Kompas.com - 07/02/2011, 17:05 WIB
EditorR Adhi KSP

KOMPAS.com - Tak hanya melindungi rumah, pagar juga menambah indah tampilan fasad. Terlebih pagar yang terbuat dari kaca.

Desain fasad rumah yang cantik kadang kala tertutup oleh dinding pagar yang cenderung masif. Bagi Anda yang ingin menghindari fenomena ini, pagar kaca dapat jadi pilihan.

Sifat kaca yang tembus pandang membuat tampilan rumah lebih terekspos. Setiap detail bentuk dan material tak terhalangi. Bahkan area taman yang hijau dapat dinikmati dari sisi luar rumah.

Walaupun sifat kaca lebih rapuh dari material konvensional lain, namun tak mengurangi fungsinya sebagai pelindung rumah. ”Dengan mengunakan pagar kaca maka orang akan lebih sulit memanjat pagar,” tutur Hery Sulistyono, arsitek Adhi Graha Mandiri yang pernah mendesain pagar kaca sebelumnya. Dengan begitu, pencuri jadi enggan menerobos.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membangun pagar kaca, seperti penggunaan jenis kaca tempered dengan ketebalan minimal 8mm-12mm. Hal ini bertujuan agar pagar lebih kuat dan tak berbahaya ketika pecah atau retak.

Sedangkan untuk ”mengikat” kaca agar mampu berdiri, dibutuhkan penjepit berbentuk ”U” yang ditempatkan pada rangka seperti dinding bata, beton bertulang, alumunium atau stainlees steel.

Penjepit ini dapat berupa lis alumunium atau cerukan berupa sekonengan yang diberi lapisan karet atau sealent. Karet ini berfungsi meredam getaran pada kaca sehingga potensi kaca pecah atau retak dapat dikurangi.

Kaca juga sebaiknya harus dipasang pada pada ketinggian 130cm-140cm. Hal ini menghindarkan kaca rusak tergores atau terbentur benda keras yang melayang ketika kendaraan melintas.

Menarik bukan? (Mikael Fredi/iDEA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.